Blog

Equityworld Futures | Harga Emas Dunia Melorot Lagi, Sekarang Dibanderol Segini

02:27 06 October in Market Review
0 Comments
0

Equityworld Futures | Harga Emas Dunia Melorot Lagi, Sekarang Dibanderol Segini

Equityworld Futures | Harga emas melemah untuk sesi perdagangan kesembilan berturut-turut pada Kamis (Jumat waktu Jakarta). Turunnya harga emas karena data Amerika Serikat (AS) menunjukkan kondisi pasar tenaga kerja yang ketat meningkatkan kekhawatiran mengenai Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed) yang akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi untuk jangka waktu tertentu.

Diktuip dari CNBC, Jumat (6/10/2023), harga emas dunia turun 0,1% menjadi USD 1.819,98 per ons. Sedangkan harga emas berjangka AS amblas 0,2% ke level USD 1.831,80 per ounce.

Sejak naik di atas level USD 2.000 per ons pada awal Mei, harga emas telah jatuh hampir 12% karena retorika hawkish terhadap suku bunga The Fed telah mengangkat imbal hasil obligasi ke level tertinggi dalam 16 tahun.

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran meningkat secara moderat pada minggu lalu, sementara PHK menurun pada bulan September, hal ini menunjukkan kondisi pasar tenaga kerja yang masih ketat.

Fokus pasar kini beralih ke laporan nonfarm payrolls bulan September pada hari Jumat, yang diperkirakan menunjukkan bahwa pemberi kerja menambah 170.000 pekerjaan.
Data Ketenagakerjaan

Melek menyatakan, jika data ketenagakerjaan lebih kuat dari perkiraan, maka ekspektasi pasar akan kenaikan satu kali lagi akan meningkat, dan dengan demikian harga emas bisa turun di bawah USD 1.800.

Kurs dolar AS turun untuk sesi kedua berturut-turut, membuat harga emas batangan lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

“Bagi saya untuk berubah menjadi bullish pada emas, kita sekarang perlu melihat pembalikan bullish yang kuat pada jangka waktu harian, dan ini perlu didukung oleh bukti lebih lanjut bahwa imbal hasil (Treasury) telah mencapai puncaknya,” Analis Pasar City Index, Fawad Razaqzada.

Sama dengan harga emas, harga perak jurun 0,1% menjadi USD 20,94 per ons. Harga platinum juga turun 0,8% menjadi USD 859,72, setelah mencapai level terendah dalam setahun. Sedangkan harga Paladium tergelincir 1,8% ke posisi terendah dalam 5 tahun ke level USD 1.146,73.

No Comments

Post a Comment